Perang Tani di Jerman — Frederick Engels

Perang Tani di Jerman — Fredericn Engels

Perang Tani di Jerman -- Fredericn Engels

Ebook Gratis

Download Ebook

Karya “Perang Tani di Jerman” yang ditulis oleh Frederick Engels ini ditulis di London dalam musim panas tahun 1850, di bawah pengaruh yang jelas dari kaum kontra-revolusi, yang baru saja diselesaikan. Karya ini muncul pada tahun 1850 dalam terbitan ke-5 dan ke-6 dari Neue Rheinische Zeitung, sebuah majalah ekonomi politik yang dieditori oleh Karl Marx di Hamburg. Teman-teman politik saya di Jerman ingin melihatnya dalam bentuk buku, dan dengan ini saya memenuhi keinginan itu, karena, sayangnya, masalah itu masih saja menarik perhatian dalam ketepatan waktu.

Karya ini tidak dimaksudkan untuk menyajikan bahan-bahan yang terkumpul secara terpisah. Sebaliknya, semua bahan yang ada hubungannya dengan pemberontakan petani dan Thoman Muenzer telah diambil dari karya Zimmermann yang bukunya, meskipun menunjukkan lubang-lubang di sana-sini, namun masih merupakan sajian terbaik dari fakta itu. Lagi pula, Zimmermann tua sangat menyukai masalah ini. Insting revolusioner yang sama, yang di sini membuatnya menjadi pembela kelas-kelas tertindas, belakangan juga telah membuatnya menjadi salah seorang tokoh sayap kiri ekstrem terbaik di Frankfurt.

Meskipun demikian, apabila penyajian kembali dari Zimmermann itu kurang memiliki pertalian internal, apabila ia tidak berhasil dalam menunjukkan kontroversi politik maupun agama pada jaman itu sebagai pencerminan dari perjuangan kelas yang terjadi secara serentak, apabila ia memandang perjuangan kelas hanya antara para penindas dan yang ditindas, antara baik dan buruk, dan kemenangan akhir ada di pihak yang jahat, apabila pandangannya yang mendalam pada kondisi sosial yang yang menentukan pecahnya pergulatan itu beserta hasil akhirnya yang luar biasa buruknya, maka hal itu merupakan kesalahan jamannya ketika buku itu muncul. Meskipun demikian, untuk jamannya, dan di antara karya-karya idealistis di Jerman tentang sejarah, karya itu masih tetap tampak menonjol karena ditulis dengan suasana hati yang sangat realistis.

DAFTAR ISI
Pengantar dari Pengarang : Edisi Kedua (1870) 5
Pengantar dari Pengarang : Tambahan (1874) 14
Bab I Keadaan Ekonomi dan Kelas-Kelas di Jerman 23
Bab II Kelompok Oposisi Utama dan Program Mereka : Luther dan Muenzer 38
Bab III Para Pelopor : Pemberontakan Petani, 1475 – 1517 59
Bab IV Pemberontakan Kaum Bangsawan 75
Bab V Perang Tani di Suabia dan Franconia 81
Bab VI Perang Tani di Thuringia, Alsace dan Austria 110
Bab VII Arti Penting dari Perang Tani 121
DUA BELAS PASAL PETANI 127
Komentar dari D. Riazanov (1925) 133

Semoa Ebook “Perang Tani di Jerman” karya Frederick Engels ini bukan hanya menambah wawasan, melainkan juga mampu membangkitkan kesadaran kritis kita serta untuk senantiasa belajar dari sejarah agar hal-hal buruk yang terjadi di masa lampau tidak terulang lagi.

Btw, jika rekan-rekan juga tertarik dengan dunia website dan internet marketing, rekan-rekan dapat mengisi form untuk memperoleh tutorial gratis dengan mengklik link http://superinternetmarketer.com/register atau mengklik gambar di bawah ini.

Salam Sukses Bahagia,

Admin Gudang Ebook

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*