Ki Hajar Dewantara : Pemikiran dan Perjuangannya

Ki Hajar Dewantara : Pemikiran dan Perjuangannya

Ki Hajar Dewantara : Pemikiran dan Perjuangannya

Ebook Gratis

Download Ebook

Pada dasarnya sejarah adalah hubungan antarbiografi yang melewati atau menembus batas waktu. Membicarakan Tokoh RM Soewardi Soerjaningrat yang kemudian dikenal sebagai Ki Hajar Dewantara, hal ini berarti memahami relasinya dengan tokoh-tokoh sejarah yang sezaman khususnya di bidang politik, meski bidang-bidang lain tidak dapat ditinggalkan. Sebaran spasialnya tentunya seluruh nusantara dan lingkup temporalnya mencakup periode pemerintahan penjajahan Belanda di Indonesia pada akhir abad XIX sampai dengan pertengahan abad XX.

Ki Hajar Dewantara merupakan tokoh pendidikan yang sangat fenomenal. Walaupun predikat dokter tidak dapat diraihnya, akan tetapi tokoh ini justru berkembang dalam bidang jurnalistik. Kiprahnya di bidang politik diwujudkan dalam tulisan-tulisan yang dimuat di koran dan majalah baik terbitan Hindia Belanda maupun negeri Belanda. Sebagai tokoh yang mahir dalam menulis, ia memiliki pengalaman yang unik karena ia ditahan bahkan dibuang akibat dari tulisan yang dihasilkannya. Selama masa pembuangan, ia pun tetap menulis bahkan sering tenaganya dipinjam untuk menulis di koran/mingguan Belanda.

Profesi sebagai jurnalis dan politikus ditinggalkan setelah kembali dari pengasingan. Ki Hajar Dewantara
akhirnya berkecimpung di bidang pendidikan setelah ia mendirikan lembaga pendidikan yang diberi nama Pergerakan Pendidikan Taman Siswo. Penghargaan yang tinggi dari pemerintah diberikan kepada tokoh ini, yang menjadikan hari lahirnya sebagai hari Pendidikan Nasional, yang diperingati pada setiap 2 Mei.

DAFTAR ISI
Sambutan Kepala Museum Kebangkitan Nasional 5
Bagian 1: Gagasan Ki Hajar Dewantara Di Bidang Politik 9
— Suhartono Wiryopranoto
Bagian 2 : Prinsip Pendidikan Taman Siswo Pada Awal Pendiriannya 43
— Djoko Marihandono
Bagian 3 : Rawe-Rawe Rantas Malang-Malang Putung : Jejak Soewardi Soerjaningrat Hingga Pembuangan 79
— Djoko Marihandono
Bagian 4 : Tiga Serangkai Dalam Pergerakan Nasional 119
— Prof. Dr. Nina Herlina, M.S.
Bagian 5 : Biografi : Dari Suwardi Suryaningrat sampai Ki Hajar Dewantara 146
Bagian 6 : Dari Politik ke Pendidikan : Sekilas tentang Langkah Perjuangan Soewardi Sorjaningrat dalam Pergerakan Kebangsaan dan Kemerdekaan Indonesia 182
— Dr. Yuda B. Tangkilisan

Mudah-mudahan buku ini dapat melengkapi buku-buku yang telah diterbitkan sebelumnya dengan harapan bahwa Bangsa Indonesia tetap mampu menghargai jasa para pahlawannya yang telah berjasa dalam mengantar bangsa ini ke gerbang kemerdekaan dan mampu bersaing dengan bangsa lain.

Btw, jika rekan-rekan juga tertarik dengan dunia website dan internet marketing, rekan-rekan dapat mengisi form untuk memperoleh tutorial gratis dengan mengklik link http://superinternetmarketer.com/register atau mengklik gambar di bawah ini.

Salam Sukses Bahagia,

Admin Gudang Ebook

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*