Ilmu Dalam Perspektif : Sebuah Kumpulan Karangan Tentang Hakikat Ilmu

Ilmu Dalam Perspektif : Sebuah Kumpulan Karangan Tentang Hakikat Ilmu

Ilmu Dalam Perspektif

Ebook Gratis

Download Ebook

Buku “Ilmu Dalam Perspektif” ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran mengenai hakikat ilmu. Sering sekali istilah ilmu yang sangat populer ini memberikan gambaran yang tidak tepat mengenai hakikat yang diistilahkannya. Bahkan mereka yang berhubungan erat dengan ilmu, seperti pelajar atau pengajar dari lembaga pendidikan yang berkecimpung dalam dunia keilmuan, sering sekali kurang mempunyai pengertian yang mendalam mengenai hakikat ilmu yang sebenarnya. Terlebih-lebih lagi bila pengertian ini dikaitkan dengan berbagai aspek dalam suatu kegiatan keilmuan umpamanya matematika, statistika, logika, penelitian, dan sebagainya.

Berbagai karangan dalam buku “Ilmu Dalam Perspektif” ini mencoba membahas semua persoalan itu dengan meletakkannya dalam suatu kerangka yang menyeluruh. Kerangka menyeluruh inilah yang ingin ditonjolkan dalam buku ini di mana diharapkan bahwa berbagai aspek dalam suatu kegiatan keilmuan terkait satu sama lain dalam satu jalinan kesatuan yang utuh.

Buku “Ilmu Dalam Perspektif” ini mencoba menjawab beberapa pertanyaan pokok, seperti: Apakah yang disebut ilmu? Apakah bedanya ilmu dengan pengetahuan? Apakah hubungannya ilmu dengan berpikir? Apakah pengaruh berpikir terhadap kemajuan peradaban manusia? Apakah karakteristik ilmu? Apakah kegunaan ilmu? Apakah asumsi-asumsi ilmu? Apakah perbedaan ilmu-ilmu alam dengan ilmu-ilmu sosial? Apakah peranan logika dalam kegiatan keilmuan? Apakah peranan matematika? Apakah peranan statistika? Di manakah letak pentingnya penelitian? Apakah yang disebut metode penelitian keilmuan? Apakah fungsi bahasa? Apakah hubungan etika dengan ilmu?

Kumpulan karangan ini dimulai dengan suatu pengantar yang mengemukakan kerangka ilmu yang bersifat menyeluruh. Setelah itu berbagai karangan yang disusun dalam bukun ini membahas aspek-aspek tertentu secara lebih mendalam. Buku ini tidak bersifat teknis di mana diharapkan bahwa semua yang menaruh minat terhadap eksistensi ilmu masih dapat menghayatinya. Oleh sebab itu, kriteria pertama mengenai karangan yang dimuat dalam kumpulan ini sifatnya mudah dibaca. Tentu saja sifat mudah dibaca ini harus digabungkan dengan isi karangan yang bersifat mendalam.

Semoga buku “Ilmu Dalam Perspektif” ini mampu memberikan manfaat sebesar-besarnya, terutama bagi pengembangan ilmu itu sendiri. Amiin.

Btw, jika rekan-rekan juga tertarik dengan dunia website dan internet marketing, rekan-rekan dapat mengisi form untuk memperoleh tutorial gratis dengan mengklik link http://superinternetmarketer.com/register atau mengklik gambar di bawah ini.

Salam Sukses Bahagia,

Admin Gudang Ebook

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*