Brumaire XVIII Louis Bonaparte — Karl Marx

Brumaire XVIII Louis Bonaparte — Karl Marx

Brumaire XVIII Louis Bonaparte -- Karl Marx

Ebook Gratis

Download Ebook

Kenyataan bahwa suatu edisi baru dari The Eighteenth Brumaire telah diperlukan, tigapuluhtiga tahun setelah penerbitannya yang pertama, membuktikan bahwa bahkan hingga sekarang buku kecil ini tidak
sedikitpun kehilangan nilainya.

Sesungguhnya, buku itu sebuah karya zenial. Seketika setelah peristiwa yang menggetarkan seluruh dunia politik bagaikan suatu halilintar di siang hari bolong, yang dikutuk oleh sementara pihak dengan teriakanteriakan lantang kejengkelan moral dan diterima oleh pihak-pihak lain sebagai penyelamatan revolusi dan sebagai hukuman atas kesalahankesalahannya, namun dipertanyakan oleh semua orang dan dipahami oleh tidak seorangpun –seketika setelah peristiwa ini Marx tampil dengan suatu pemaparan ringkas, epigramatik yang membuka tabir seluruh perjalanan sejarah Prancis sejak hari-hari Pebruari dalam antarhubungan internalnya, mereduksi keajaiban 2 Desember menjdadi suatu akibat wajar dan niscaya dari antar-hubungan ini dan dengan begitu bahkan tidak perlu memperlakukan pahlawan coup d’état secara lain daripada dengan kenistaan yang memang sangat layak diterimanya.

Pada tanggal 2 Desember 1851, para pengikut Presiden Louis Bonaparte (kemenakan Napoleon) membubarkan Majelis Legislatif dan mendirikan suatu kediktatoran. Setahun kemudian, Louis Bonaparte memproklamasikan dirinya sendiri sebagai Kaisar Napoleon III.

Marx menulis Brumaire XVII Louis Napoleon antara Desember 1851 dan Pebruari 1852. Brumaire XVIII mengacu pada 9 November 1799 dalam Kalender Revolusioner Prancis – hari Napoleon Bonaparte I menjadikan dirinya sendiri diktator dengan suatu kudeta.

Dalam karyanya ini, Marx mencari bagaimana konflik berbagai kepentingan sosial menyatakan dirinya dalam jaringan rumit perjuangan politik, dan khususnya hubungan-hubungan kontradiktif antara bentuk luar suatu perjuangan dan kandungan sosialnya yang sesungguhnya. Proletariat pada waktu ini juga tidak berpengalaman untuk merebut kekuasaan, tetapi pengalaman-pengalaman 1848 –1851 akan terbukti takterhingga nilainya bagi revolusi kaum buruh tahun 1871.

ISI BUKU
KATA PENGANTAR KARL MARX (1869) pada EDISI KEDUA viii
KATA PENGANTAR F. ENGELS (1885) pada EDISI KETIGA xi
BAB I FEBRUARI 1846  HINGGA DESEMBER 1851 1
BAB II JATUHNYA KAUM REPUBLIKEN 14
BAB III NAIKNYA LOUIS BONAPARTE 29
BAB IV KEKALAHAN DEMOKRASI BORJUIS-KECIL 48
BAB V MAJELIS KONSTITUANTE LAWAN BONAPARTE 61
BAB VI KEMENANGAN BONAPARTE 84
BAB VII IKHTISAR 108

Semoga buku “Brumaire XVIII Louis Bonaparte” yang ditulis oleh Karl Marx ini bukan hanya menambah wawasan, melainkan juga mampu membangun kesadaran kita, serta mengajak kita smeua untuk senantiasa belajar dari sejarah.

Btw, jika rekan-rekan juga tertarik dengan dunia website dan internet marketing, rekan-rekan dapat mengisi form untuk memperoleh tutorial gratis dengan mengklik link http://superinternetmarketer.com/register atau mengklik gambar di bawah ini.

Salam Sukses Bahagia,

Admin Gudang Ebook

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*