Atheis — Achdiat K. Mihardja

Atheis — Achdiat K. Mihardja

Atheis -- Achdiat K. MihardjaEbook Gratis

Download Ebook

Atheis diterbitkan Balai Pustaka pertama kali pada tahun 1949. Novel ini merupakan satu-satunya karya Achdiat K. Mihardja yang terbit di Indonesia. Novel keduanya, Debu Cinta Bertebaran terbit pertama kali di Singapura.

Kemunculan filsafat eksistensialisme dan marxisme selepas kehancuran perang dunia ke-2, sedikit banyak mempengaruhi pemuda-pemuda Indonesia yang hidup ketika itu. Dengan Atheis, Achdiat seolah hendak memotret kondisi zama ketika karya ini dituliskan. Tema yang ketika novel ini diterbitkan merupakan tema yang sama sekali baru.

Keberhasilan novel Atheis terletak hampir pada hampir semua unsurnya. Penggunaan teknik cerita berbingkai dengan beberapa sudut pandang, memungkinkan setiap peristiwa yang terjadi di dalam novel ini seolah-olah berlaku di luar diri pengarangnya dan di luar campur tangannya.

Pemilihan latar cerita dalam novel ini pun mendukung perkembangan watak tokoh-tokohnya seakan-akan watak-watak tokohnya tidak diciptakan oleh pengarang, tetapi lahir akibat peran lingkungannya. Latar cerita daerah Pasundan dengan berbagai tradisi keagamaannya memperkuat karakter Hasan di awal yang digambarkan sangat religius.

Keseluruhan unsur itu secara padu mendukung tema yang menyuguhkan ketegangan antara keyakinan theisme dan atheisme. Dengan segala keunggulan itu, wajar saja jika Atheis memperoleh Hadiah Tahunan Pemerintah pada tahun 1969. Bahkan Maman S. Mahayana dalam Ringkasan dan Ulasan Novel Modern Indonesia mencatat, tahun 1972 Atheis diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris oleh R.J. Maguire.

Dalam edisi bahasa Melayu, novel ini mengalami cetak ulang ke-3 pada tahun 1970 dan hingga kini masih terus dicetak ulang. Pada tahun 1974, Suman Djaya mengangkat novel ini ke layar lebar dengan judul yang sama. Tokoh Hasan diperankan oleh Deddy Sutomo. Hingga kini, Atheis masih terus dibaca dan dibicarakan.

Demikianlah sekilas ulasan tentang novel Atheis karya Achdiat K. Mihardja ini. Sebuah novel yang layak direkomendasikan untuk dibaca dan tetap relevan hingga kapan pun juga.

Btw, jika rekan-rekan juga tertarik dengan dunia website dan internet marketing, rekan-rekan dapat mengisi form untuk memperoleh tutorial gratis dengan mengklik link http://superinternetmarketer.com/register atau mengklik gambar di bawah ini.

Salam Sukses Bahagia,

Admin Gudang Ebook

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*