Anak dan Kemenakan — Marah Rusli

Anak dan Kemenakan — Marah Rusli

 

Ebook Gratis

Download Ebook

“Anak dan Kemenakan” merupakan salah satu novel karya Marah Rusli yang diterbitkan oleh Balai Pustaka pada tahun 1956. Judul novel itu diambil dari salah satu subjudul yang terdapat dalam buku tersebut. Novel ini dicetak ulang pada tahun 2000 oleh Balai Pustaka dalam seri sastra nostalgia. Novel Anak dan Kemenakan bercerita tentang percintaan sepasang remaja, Mr. M. Yatim dan Puti Bidasari yang terhalang oleh norma adat dan perbedaan status sosial. Novel itu disajikan pengarang dalam tiga belas bagian dengan tiga belas subjudul. Ketiga belas subjudul itu adalah (1) “Kembali dari Barat”, (2) “Perayaan Penyambutan Mr. M. Yatim”, (3) “Usaha Baginda Mais”, (4) “Mr. M. Yatim Bercerai dari Puti Bidasari”, (5) “Hari Raya Idul Fitri”, (6) “Perjudian Hari Raya”, (7) “Pengadilan Perkara Mak Uning”, (8) “Perkawinan Mr. M. Yatim dengan Siti Nurmala dan Puti Bidasari dengan Sutan Malik”, (9) “Usaha Sahabat Karib”, (10) “Sutan Ali Akbar”, (11) “Tukang Pedati Malim Batuah”, (12) “Mamak dan Kemanakan”, dan (13) “Perkawinan Mr. M. Yatim dan Puti Bidasari”.

Ada beberapa subjudul dari ketiga belas subjudul tersebut merupakan bagian yang seolah-olah terlepas dari jalinan cerita keseluruhan karena pumpunan cerita berada di luar inti cerita. Namun, subjudul-subjudul itu pada dasarnya merupakan bagian dari cerita yang masih memiliki benang merah dan mendukung inti cerita. Sementara itu, latar tempat cerita ini adalah kota Padang dengan latar sosial budaya masyarakat Minangkabau.

Di samping mengungkapkan persoalan cinta sepasang remaja, novel Anak dan Kemenakan juga berisi berbagai persoalan kemasyarakatan, yaitu masalah status kebangsawanan dan bagaiamana masyarakat memandang status kebangsawanan tersebut. Status kebangsawanan inilah yang menghalangi percintaan antara Mr. M. Yatim dan Puti Bidasari. Mr. M. Yatim adalah anak angkat Sutan Alam Syah yang meraih gelar master dalam bidang ilmu hukum dari negeri Belanda. Selepas belajar, Mr. M. Yatim kembali ke Padang dan bekerja sebagai jaksa.

Semoga ebook “Anak dan Kemenakan” karya Marah Rusli ini bermanfaat dan menambah kecintaan kita kepada karya sastra Indonesia. Amiin.

Btw, jika rekan-rekan juga tertarik dengan dunia website dan internet marketing, rekan-rekan dapat mengisi form untuk memperoleh tutorial gratis dengan mengklik link http://superinternetmarketer.com/register atau mengklik gambar di bawah ini.

Salam Sukses Bahagia,

Admin Gudang Ebook

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*