Sejarah Teori Krisis : Sebuah Pengantar Analisa Marxis — Anwar Shaikh

“Sejarah Teori Krisis : Sebuah Pengantar Analisa Marxis”

karya Anwar Shaikh

Sejarah Teori Krisis : Sebuah Pengantar Analisa Marxis -- Anwar ShaikhEbook Gratis

Download Ebook

BUKU saku Anwar Shaikh ini pertama kali terbit sebagai salah satu tulisan dalam sebuah URPE (The Union for Radical Political Economics) reader pada tahun 1978—hanya beberapa tahun setelah krisis ekonomi 1974-1975 terjadi. Sekarang, kurang lebih tiga puluh tahun setelahnya, kita kembali melihat tanda-tanda melambatnya pertumbuhan ekonomi dunia. Saat ini, kekhawatiran akan terjadinya resesi mewarnai headlines di berbagai media, khususnya di Amerika Serikat.

Masih segar pula dalam ingatan kita krisis ekonomi hebat yang terjadi beberapa tahun yang lalu, termasuk krisis moneter Asia pada tahun 1997-1998 dan the Great Financial Crisis pada tahun 2007-2008—yang terakhir bisa dikatakan amat parah, disertai fenomena stagnasi ekonomi yang berkepanjangan serta menjulangnya tingkat pengangguran (di Amerika Serikat).

Melalui buku kecil ini, penulis akan mengulas tentang sejarah teori krisis. Secara umum, istilah ‘krisis’ seperti yang digunakan di sini, merujuk kepada serangkaian kegagalan yang bersifat umum dalam hubungan ekonomi dan politik reproduksi kapitalis. Secara khusus, krisis yang hendak kita selidiki adalah krisis yang didorong dari dalam sistem ini sendiri, oleh prinsip-prinsip bekerjanya sendiri.

Seperti yang akan kita lihat, adalah watak produksi kapitalis untuk terus rentan terhadap berbagai macam gangguan dan kerusakan yang berasal dari dalam maupun dari luar. Tetapi hanya di waktu-waktu tertentu saja ‘kejutan’ ini bisa mengakibatkan krisis umum. Ketika sistem ini sehat, ia akan cepat pulih dari berbagai macam kemerosotan; tetapi ketika ia tidak sehat, hampir apa saja bisa memicu keruntuhannya. Apa yang hendak kita kaji adalah berbagai penjelasan yang berbeda-beda tentang bagaimana dan kenapa sistem ini selalu sakit.

DAFTAR ISI
Kata Pengantar 1
Pendahuluan 31
I Reproduksi dan Krisis 32
II Kapitalisme yang Mereproduksi Dirinya Sendiri secara Otomatis 34
III  Kapitalisme yang Tidak Mampu Memperluas Dirinya Sendiri 39
IV Kapitalisme sebagai Akumulai yang Membatasi Dirinya Sendiri 62
Kesimpulan 85
Biodata Penulis 92

Semoga ebook “Sejarah Teori Krisis : Sebuah Pengantar Analisa Marxis” karya Anwar Shaikh yang diterbitkan oleh INDOPROGRESS ini dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi kita semua. Amiin.

Btw, jika rekan-rekan juga tertarik dengan dunia website dan internet marketing, rekan-rekan dapat mengisi form untuk memperoleh tutorial gratis dengan mengklik link http://superinternetmarketer.com/register atau mengklik gambar di bawah ini.

Salam Sukses Bahagia,

Admin Gudang Ebook

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*