Sejarah Hadis — Dr. Majid Ma’arif

Sejarah Hadis — Dr. Majid Ma’arif

Sejarah Hadis -- Dr. Majid Ma'arif

Ebook Gratis

Download Ebook

Rasulullah saw bersabda, “Ya Allah, rahmatillah para khalifahku!” Ditanyakan kepada beliau, “Siapakah para khalifahmu, ya Rasulullah?” Beliau menjawab, “Mereka yang akan datang sesudahku dan meriwayatkan sabda-sabdaku lalu mengajarkannya kepada umat manusia.”

Bagi setiap muslim yang berpengetahuan dan cinta pada agamanya tidaklah tersembunyi bahwa setelah Al-Quran, rujukan kedua yang terpenting dan diterima adalah sunnah nabi dan riwayat-riwayat para maksum (ma’shumin)–salam atas mereka. Keberlakuan dan keabadian peninggalan besar ini merupakan sebuah hakikat yang telah diingatkan oleh Allah SWT dalam berbagai ayat dan merujuk padanya telah ditegaskan sebagai suatu keharusan yang tak terbantah bagi kalangan muslim. Dari sisi lain, sunnah dan riwayat Nabi saw dan para maksum sepanjang perjalanan naik-turunnya sejarah, telah dihadapkan pada beragam peristiwa dan ketidakmenentuan sehingga berpengaruh pada tingkat keaslian dan kemurniannya. Tak diragukan lagi, penggunaan yang tepat dari berbagai macam riwayat yang ada, tidaklah mungkin kecuali melalui pengetahuan ilmiah tentang sejarah hadis dan proses penyaringan antara yang murni dan tidak murni (sahih dan tidak sahih).

Sejarah hadis merupakan materi yang telah ditetapkan sebagai satu unit pelajaran dalam program-program studi tingkat sarjana dan pascasarjana. Namun, akibat tidak adanya buku panduan yang komprehensif dan runtun, maka materi tersebut biasanya diajarkan oleh para dosen yang terhormat dengan cara yang berbeda-beda.

Dalam rangka kebutuhan studi yang seperti ini, maka buku ini yang judul aslinya Tarikhe Umumiye Hadits (Sejarah Umum Hadis) telah digarap dan disusun. Dalam penulisannya telah diupayakan agar sedapat mungkin materi-materi di dalamnya sesuai dengan tema-tema yang telah ditetapkan dalam pelajaran sejarah hadis.

Semoga buku “Sejarah Hadis” yang ditulis oleh Dr. Majid Ma’arif ini dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya, terutama sebagai buku panduan bagi siapa saja yang ingin mendalami ilmu hadis. Amiin.

Btw, jika rekan-rekan juga tertarik dengan dunia website dan internet marketing, rekan-rekan dapat mengisi form untuk memperoleh tutorial gratis dengan mengklik link http://superinternetmarketer.com/register atau mengklik gambar di bawah ini.

Salam Sukses Bahagia,

Admin Gudang Ebook

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*