Membaca Nurcholish Madjid — Budhy Munawar Rachman

“Membaca Nurcholish Madjid”

karya Budhy Munawar Rachman

Membaca Nurcholish Madjid -- Budhy Munawar Rachman

Ebook Gratis

Download Ebook

“Perubahan di Dunia Islam dewasa ini secara keseluruhan berpengaruh dan mendorong kepada perubahan-perubahan di kalangan umat Islam Indonesia. Pada abad yang lalu telah terjadi bahwa Haji Miskin dan rombongannya berkenalan dan menyerap ide-ide pembaruan dan pemurnian pemahaman Islam di Tanah Suci, kemudian membawanya ke Sumatera Barat yang kemudian berpengaruh luar biasa besarnya ke seluruh Tanah Air. Maka demikian pula sekarang, perkenalan, pengenalan, dan penyerapan pikiran-pikiran pembaruan, pemurnian, dan reorientasi pemikiran Islam di seluruh dunia—yang sangat dipermudah oleh adanya teknik pencetakan buku dan terbitan berkala, media komunikasi, dan transportasi—tentu akan, dan memang sedang dan sudah, berpengaruh kepada keadaan umat Islam Indonesia. Kita tidak mungkin mengingkari ini semua.

Sementara itu, dinamika perkembangan negara kita sendiri juga sedemikian dahsyatnya, sehingga mau tidak mau juga berpengaruh pada keadaan umat Islam Indonesia. Apalagi jika diingat bahwa umat Islam merupakan bagian terbesar rakyat (hampir 90 persen), dan bahwa pembangunan itu pun adalah untuk kepentingan rakyat, maka pengaruh dan dampak dinamika perkembangan nasional itu kepada umat Islam adalah identik dengan pengaruh dan dampaknya kepada rakyat Indonesia. Karena itu, tidak berlebihan jika kita katakan bahwa berbicara tentang umat Islam Indonesia adalah identik atau 90% sama dengan berbicara tentang bangsa Indonesia, sehingga setiap pemikiran tentang umat Islam adalah sebenarnya sekaligus pemikiran tentang bangsa. Berkaitan dengan itu, di sini kita harus dengan sungguh-sungguh mempertimbangkan tekad bangsa kita, melalui para pemimpin yang berwenang, untuk terus melaksanakan reformasi, yang pasti akan berpengaruh pada keislaman di Indonesia.”

Poin-poin di atas—yang merupakan salah satu entri dalam ensiklopedi ini—bisa menggambarkan bagaimana concern-nya Nurcholish Madjid pada perkembangan Islam di Indonesia, sebagai perkembangan kebangsaan Indonesia.

DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR vii
I MEMBACA PIKIRAN NURCHOLISH MADJID 1
Pendahuluan : Biografi Intelektual 1
Debat Islam di Indonesia 19
Etika Al-Quran sebagai Agenda 42
II ARGUMENTASI FILOSOFIS KEIMANAN DEMI PERADABAN 50
Pendahuluan : Agama sebagai Pesan 50
Takwa sebagai Dasar Pengalaman Keimanan 53
Banyak Jalan Menuju Tuhan 73
Ibadah sebagai Pengalaman Kehadiran Ilahi 85
III ISLAM SEBAGAI SUMBER KEINSYAFAN, MAKNA DAN TUJUAN HIDUP 102
Pendahuluan : Kepribadian Kaum Beriman 102
Simpul Keagamaan yang Membawa Makna Hidup : Istighfar, Syukur, dan Doa 106
Masalah Hari Akhir (Eskatologi Al-Quran) 110
Ateisme dalam Cermin Monoteisme 126
Kejatuhan Manusia dan Konsep Kekhalifahan 144
Peristiwa Keagamaan : Isra Mi’raj dan Hijrah 151
IV KEISLAMAN DALAM TANTANGAN MODERNITAS 174
Pendahuluan : Tugas Suci sebagai Saksi Tuhan di Bumi 174
Penafsiran Islam atas Politik Modern 176
Demokrasi dan Pluralisme : Intra dan Antar-Iman 198
Umat Islam dan Persoalan Kemodernan 213
Belajar Lagi Menjadi Modern 219
V PENUTUP 224
Ensiklopedi Nurcholish Madjid : Pemikiran Islam di Kanvas Peradaban 224
Tantangan Kultus dan Fundamentalisme 229
Penutup 238
Tentang Penulis 291

Semoga ebook “Membaca Nurcholish Madjid” karya Budhy Munawar Rachman ini dapat membangun kesadaran kita dan memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi kita semua. Amiin.

Btw, jika rekan-rekan juga tertarik dengan dunia website dan internet marketing, rekan-rekan dapat mengisi form untuk memperoleh tutorial gratis dengan mengklik link http://superinternetmarketer.com/register atau mengklik gambar di bawah ini.

Salam Sukses Bahagia,

Admin Gudang Ebook

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*