Melawan Imperialisme — Ted Grant & Allan Woods

Melawan Imperialisme — Ted Grant & Allan Woods

Melawan Imperialisme -- Ted Grant & Allan Woods

Ebook Gratis

Download Ebook

Hampir tujuh tahun berlalu sejak George Bush, ketika itu presiden Amerika Serikat, mengucapkan pidatonya yang terkenal, “Tatanan Dunia Baru” (New World Order). Itu terjadi tahun 1991. Saat melancarkan Perang Teluk, kekuatan imperialis yang paling utama di muka bumi ini menjanjikan sebuah dunia tanpa peperangan, tanpa kediktatoran, dan tentu saja sebuah dunia yang sepenuhnya berada di bawah kontrol satu-satunya polisi dunia yang berkuasa penuh: Amerika Serikat (AS).

Setelah keruntuhan Stalinisme, imperialisme AS benar-benar mengira bahwa dunia akan bertekuk lutut di bawah perintah mereka, dan mereka akan bisa mendikte nasib setiap negara. Semua konflik di dunia diselesaikan melalui dialog lewat semacam “Pax Americana”. Kenyataannya, semua impian ini sekarang telah tereduksi menjadi puing-puing  semata.

Dominasi imperialisme yang bersifat menghancurkan dalam arena dunia, yang bertambah kuat saja sejak runtuhnya Stalinisme, bermakna bahwa terjadi eksploitasi yang makin parah terhadap Dunia Ketiga secara keseluruhan. Dominasi negara-negara metropolis tetap lebih besar daripada di masa lalu. Perbedaan satu-satunya ialah bahwa birokrasu-militer lama yang langsung dikontrol oleh individu bos kolonial kini telah digantikan tempatnya oleh  dominasi kolektif negara-negara exploiter (penghisap) yang kaya-raya terhadap dunia kolonial melalui mekanisme pasar.

Di bawah panji “globalisasi” dan “pembukaan pasar”, imperialisme melakukan pemaksaan melalui kebijakan penurunan tarif dan swastanisasi berbagai prasarana di seluruh Dunia Ketiga. Kebijakan-kebijakan ini adalah salah satu akibat dari krisis kapitalisme di Dunia Barat yang memaksa negara-negara imperialis untuk terus mencari pasar dan lapangan investasi baru. Namun ternyata mereka menyebabkan kebangkrutan bagi industri-industri lokal di negara-negara yang mereka datangi — industri-industri yang tak kuasa melawan berbagai perusahaan raksasa multinasional. Situasi ini telah mengakibatkan munculnya konsekuensi-konsekuensi yang paling membinasakan serta akibat-akibat yang sebelumnya tak terlihat oleh Presiden Bush.

Semoga ebook “Melawan Imperialisme” karya Ted Grant dan Allan Woods ini bukan hanya menambah wawasan kita, melainkan juga mampu membangkitkan nalar kritis kita dan menumbuhkan keberanian untuk menentang dan melawan imperialisme di mana pun ia berada.

Btw, jika rekan-rekan juga tertarik dengan dunia website dan internet marketing, rekan-rekan dapat mengisi form untuk memperoleh tutorial gratis dengan mengklik link http://superinternetmarketer.com/register atau mengklik gambar di bawah ini.

Salam Sukses Bahagia,

Admin Gudang Ebook

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*