Iqtishaduna : Buku Induk Ekonomi Islam — Muhammad Baqir Ash-Shadr

Iqtishaduna : Buku Induk Ekonomi Islam — Muhammad Baqir Ash-Shadr

Iqtishaduna : Buku Induk Ekonomi Islam -- Muhammad Baqir Ash-Shadr

Ebook Gratis

Download Ebook

Tidak berlebihan jika dikatakan bahwa Iqtishaduna merupakan satu karya pionir yang cukup komprehensif dalam literatur ekonomi Islam Modern. Iqtishaduna tidak saja membahas mazhab-mazhab beserta pijakan ideologi yang melandasi mereka, tetapi juga mengupas masalah produksi, distribusi, konsumsi, dan pertukaran. Di samping itu dibahas juga masalah fiskal dan moneter serta strategi pengelolaan aset produktif dan peranan pemerintah di dalamnya.

Buku ini sangat kontekstual dengan kondisi dan permasalahanyang berkembang di Indonesia dan negara berkembang lain yang umumnya berpenduduk mayoritas Muslim. Di bawah pengaruh konspirasi dan pengondisian kekuatan-kekuatan besar, isu-isu kemiskinan, kebodohan, dan kebobrokan adalah tiga isu besar yang mendorong keterpurukan bangsa-banga ini, terutama akibat penerapan sistem ekonomi yang tidak berkeadilan.

Sebagai solusi atas fenomena dan kondisi tersebut, Muhammad Baqir Ash-Shadr mengingatkan kita dan mengulas secara jelas Iqtishaduna: Our Economics, yang melalui suatu pendekatan interdisipliner menjadi suatu kajian ekonomi Islam, sehingga memberikan benang merah bagi kita bagaimana mewujudkan maqashid berdasarkan prinsip-prinsip yurisprudensi Islam (ushul fiqh). Dengan demikian, aktivitas dan sistem ekonomi yang kita gunakan akan kita kembalikan kepada tujuannya yaitu untuk kesejahteraan seluruh manusia.

Kajian ini sejalan dengan tulisan Imam al-Ghazali yang diperkuat oleh Asy-Syatibi yang menulis hampir tiga abad kemudian, yaitu tujuan dari syariah adalah meningkatkan kesejahteraan seluruh manusia. Tujuan tersebut melandasi fokus utama dari upaya-upaya manusia berupa : perlindungan keimanan; jiwa; akal (aql); keturunan (nasl); dan, kekayaan (mal).

Sungguhpun demikian, pesan-pesan dalam Iqtishaduna baru akan lengkap ditangkap jika kita membaca dua buku Muhammad Baqir Ash-Shadr lainnya, yaitu Falsafatuna dan Bank Al-la RibawiFalsafatuna menjelaskan filsafat Islam secara keseluruhan, termasuk filsafat mazhab ekonominya. Sementara Bank Al-la Ribawi merupakan exercise tingkat institusi dari sistem keuangan yang interest-free dan berkeadilan.

Semoga ebook “Iqtishaduna : Buku Induk Ekonomi Islam” ini daoat memberikan manfaat sebesar-besarnya, bukan hanya menambah wawasan tentang ekonomimelainkanjuga dapat diimplementasikan sehingga akan menciptakan kondisi sosial ekonomi yang lebih baik. Amiin.

Btw, jika rekan-rekan juga tertarik dengan dunia website dan internet marketing, rekan-rekan dapat mengisi form untuk memperoleh tutorial gratis dengan mengklik link http://superinternetmarketer.com/register atau mengklik gambar di bawah ini.

Salam Sukses Bahagia,

Admin Gudang Ebook

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*