Bela Islam atau Bela Oligarki : Pertalian Agama, Politik dan Kapitalisme di Indonesia

Bela Islam atau Bela Oligarki :

Pertalian Agama, Politik dan Kapitalisme di Indonesia

Bela Islam atau Bela Oligarki

 

Ebook Gratis

Download Ebook

Demonstrasi besar-besaran berlangsung pada 4 November 2016. Penggeraknya menamakan diri Gerakan Nasional Pengawas Fatwa MUI (GNPF-MUI). Demonstran menuntut agar aparat hukum segera memproses kasus pidana penistaan agama, yang menurut fatwa MUI bertanggal 11 Oktober 2016, telah dilakukan oleh Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Ratusan ribu orang turun ke jalan. Tak cuma ulama dan umat kebanyakan, tapi ada juga artis dan politisi nasional. Puluhan ribu aparat polisi pun dikerahkan mengamankannya.

Peristiwa yang oleh penggeraknya dinamakan ‘Aksi Bela Islam’ tersebut menarik perhatian banyak pihak. Bukan hanya karena begitu besarnya massa yang turun ke jalan ibukota, tapi juga, bagi sebagian orang, karena persoalan lebih dalam menyangkut ekonomi-politik di balik hiruk pikuk massa demonstasinya.

Buku berjudul “Bela Islam atau Bela Oligarki : Pertalian Agama, Politik dan Kapitalisme di Indonesia” yang ditulis oleh beberapa penulis ini mencoba mengkaji lebih jauh mengenai aksi yang dinamakan aksi bela islam tersebut. Apakah aksi tersebut merupakan murni bela islam atau bela oligarki.

DAFTAR ISI
Kata Pengantar — Dede Mulyanto 1
I. Konteks Ekonomi Politik 5
Kontradiksi Kapitalisme dan Rasisme  — Anto Sangadji 6
Kelas Menengah Islam : Wajah Keagamaan Tanpa Ide Populis — Eko Prasetyo 24
Teman Dijadikan Musuh — Ian Wilson 38
II. Menginterogasi Aksi Islam Politik 43
Mendudukkan Kembali Prasangka Negatif atas Gerakan Islam — Azhar Irfansyah dan Muhammad Azka Fahriza
Aksi Massa dalam Perspektif Islam Progresif — Iqra Anugrah dan Fatimah Fildzah Izzati 44
Akssi Bela Islam : Antara Bela Agama dan Bela Oligarki — Roy Murtadho 56
Memuja Islam yang Hakiki — Muhammad Nashirulhaq 65
Biodata Penulis 79

Semoga ebook “Bela Islam atau Bela Oligarki : Pertalian Agama, Politik dan Kapitalisme di Indonesia”  ini dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya, terutama dalam membangun nalar kritis kita. Amiin.

Btw, jika rekan-rekan juga tertarik dengan dunia website dan internet marketing, rekan-rekan dapat mengisi form untuk memperoleh tutorial gratis dengan mengklik link http://superinternetmarketer.com/register atau mengklik gambar di bawah ini.

Salam Sukses Bahagia,

Admin Gudang Ebook

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*