Akar dan Dalang : Pembantaian Manusia Tak Berdosa dan Penggulingan Bung Karno

Akar dan Dalang : Pembantaian Manusia Tak Berdosa dan Penggulingan Bung Karno — Suar Suroso

Akar dan Dalang

Ebook Gratis

Download Ebook

PENULIS buku ini, Suar Suroso, boleh dikatakan satu-satunya orang Indonesia yang sampai sekarang menekuni masalah filsafat materialisme dialetika dan historis, gerakan komunis internasional, maupun gerakan buruh internasional. Dalam hubungan masalah-masalah itulah ia menjelaskan terbelahnya dunia menjadi dua kubu, yaitu kubu sosialis atau komunis dan kubu kapitalis atau imperialis yang saling bermusuhan.

Sampai akhir Perang Dunia II, kedua kubu ini masih bisa bekerja sama dalam usaha mengalahkan musuh bersama, yaitu fasisme Jerman—Italia—Jepang, dengan membentuk persekutuan Amerika—Inggris—Perancis—Rusia—Tiongkok. Tapi sejak tahun 1945, ketika Presiden Amerika Serikat Franklin Delano Roosevelt (1882—1945) meninggal dan digantikan oleh Harry S. Truman (1884—1972), dunia praktis kembali terbagi menjadi dua kutub yang saling bermusuhan dengan kesengitan yang semakin tinggi, saling mematikan: kutub sosialis/komunis di bawah Uni Sovyet dan kubu kapitalis/imperialis di bawah Amerika Serikat.

Suar berusaha menjelaskan bahwa permusuhan itulah yang menimbulkan apa yang dinamakan Perang Dingin, yaitu perang yang berlangsung di front politik, ekonomi, dan propaganda, dan hanya sedikit di front persenjataan. Kedua pihak tidak pernah sampai terjun langsung bermuka-muka, satu dan lain hal karena ditemukannya senjata pemusnah massal: senjata nuklir. Walau demikian, Perang Dingin tidak kurang panas daripada Perang Panas. Perang Dinginlah yang menyebabkan terjadi banyak kudeta, seperti yang telah terjadi di Korea, Vietnam, dan Indonesia, juga menyebabkan terjadi banyak revolusi, seperti telah terjadi di Tiongkok, Vietnam, dan Kuba.

Untuk menghadapi Perang Dingin, di kubu kapitalis/imperialis dikembangkan apa yang dinamakan ”the policy of containment”, yaitu politik pembasmian komunisme sejagat, bersama sarana-sarana dan cara-cara pelaksanaannya, yang tanpa bosan-bosannya dijelaskan dan diuraikan oleh Suar dalam bukunya yang cukup banyak, seperti: Asal-Usul Teori Sosialisme, Marxisme Sampai Komune Paris; Marxisme, Sebuah Kajian: Dinyatakan Punah Ternyata Kiprah; Peristiwa Madiun: Realisasi Doktrin Truman di Asia; Bung Karno, Marxisme & Pancasila; ‘Peristiwa Madiun’, PKI Korban Perdana Perang Dingin; Bung Karno Korban Perang Dingin; dan akhirnya buku ini: Akar dan Dalang Pembantaian Manusia Tak Berdosa dan Penggulingan Bung Karno.

Semoga buku “Akar dan Dalang : Pembantaian Manusia Tak Berdosa dan Penggulingan Bung Karno” yang ditulis oleh Suar Suroso ini bukan hanya menambah wawasan kita melankan juga membangun dan mengembangkan nalar kritis kita dalam melihat/membaca sejarah. Amiin.

Btw, jika rekan-rekan juga tertarik dengan dunia website dan internet marketing, rekan-rekan dapat mengisi form untuk memperoleh tutorial gratis dengan mengklik link http://superinternetmarketer.com/register atau mengklik gambar di bawah ini.

Salam Sukses Bahagia,

Admin Gudang Ebook

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*